PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE KONTEN LISTRIK DASAR DAN ELEKTRONIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Cahyaningsih, Mega (2020) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE KONTEN LISTRIK DASAR DAN ELEKTRONIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK MEGA CAHYANINGSIH 15501241018.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui respon pembelajaran dan pemanfaatan media YouTube konten listrik dasar dan elektronika; motivasi dan hasil belajar; Mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media Youtube konten listrik dasar dan elektronika terhadap hasil belajar; pemanfaatan media Youtube konten listrik dasar dan elektronika terhadap hasil belajar; motivasi hasil pembelajaran dengan menggunakan media YouTube konten listrik dasar dan elektronika terhadap hasil belajar dan pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media YouTube konten listrik dasar dan elektronika secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini termasuk penelitian dengan menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik sebanyak 30 siswa sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pemanfaatan media YouTube konten Listrik Dasar dan Elektronika dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik diskriptif dan regresi linear sederhana, dan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis statistik diskriptif respon pembelajaran, pemanfaatan media YouTube konten listrik dasar dan elektronika, motivasi dan hasil belajar termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 77 %, 50%, 70% dan 77%. Ada pengaruh pembelajaran dan pemanfaatan media YouTube konten listrik dasar dan elektronika terhadap hasil belajar, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3,998 dan 5,214 ≥ t tabel 2,048 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dengan signifikansi 0,00 ≤ 0,05. Besarnya koefisien determinasi (R²) sebesar 36% dan 49 %. Motivasi pembelajaran dengan media YouTube konten listrik dasar dan eleketronika terhadap hasil belajar diperoleh nilai t hitung sebesar 5.789 ≥ t tabel 2,048 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dengan signifikansi 0,03 ≤ 0,05 dan koefisien determinasi ( R²) sebesar 22 %. Ada pengaruh pembelajaran dengan media YouTube konten listrik dasar dan eleketronika secara bersama terhadap hasil belajar diperoleh nilai Fhitung 20,73 ≥ Ftabel yaitu 2,92 dengan nilai signifikan ≤ 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media YouTube, Konten dasar listrik elektronika, Pembelajaran, Motivasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:07
Last Modified: 27 Feb 2020 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67727

Actions (login required)

View Item View Item