Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta

Saputra, Hilmy Afiq (2020) Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran group investigation mampu meningkatkan motivasi belajar kelas XI TKR SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan, 2) untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran group investigation mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MB SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi tertutup secara langsung dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi model pembelajaran group investigation terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dari rata-rata 61% menjadi 84% dengan peningkatan indeks gain sebesar 0,59 (kategori sedang) dan 2) implementasi model pembelajaran group investigation mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai 68,93 pada siklus I menjadi 76,96 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model Pembelajaran, Group Investigation
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Feb 2020 07:20
Last Modified: 26 Feb 2020 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67707

Actions (login required)

View Item View Item