Penerapan Model UTAUT (Unified Theory Of Acceptance and Use of Technology) untuk Menjelaskan Minat dan Perilaku Penggunaan Sistem Bimbingan Tugas Akhir (SIBIMTA) di Universitas Negeri Yogyakarta.

Sundari, Harfina Dwi and Priyanto, Priyanto (2019) Penerapan Model UTAUT (Unified Theory Of Acceptance and Use of Technology) untuk Menjelaskan Minat dan Perilaku Penggunaan Sistem Bimbingan Tugas Akhir (SIBIMTA) di Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana penerimaan SIBIMTA dengan menerapkan model UTAUT (Unified Theory Of Acceptance and Use of Technology). Terdapat enam konstruk asli yang terdapat dalam UTAUT ditambah tiga konstruk eksternal. Adapun konstruk tersebut adalah Performance Expectancy (PE), Effort Expenctancy (EE), Social Influence (SI), Facilitating Conditions (FC), Behaviour Intention (BI), Use Behaviour (UB), System Quality (SQ), Information Quality (IQ), dan Service Quality (ServQ). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen yaitu ex-post facto. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah menggunakan SIBIMTA khususnya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengambil mata kuliah tugas akhir di Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel ini menggunakan model incidental sampling. Analisis data menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) dengan menggunakan software smartPLS versi 3.0. Hasil penelitian memenuhi Goodness of fit SRMR sebesar 0,063 serta ditemukannya hasil faktor eksternal yang meliputi Information Quality (sig 0.0962), berpengaruh terhadap penggunaan SIBIMTA; System Quality (sig 0.7071), dan Service Quality (sig 0.9362) tidak berpengaruh terhadap niat pneggunaan SIBIMTA; UTAUT yang meliputi Performance Expectancy (sig 0.0000), Effort Expenctancy (sig 0.0296), Social Influence (sig 0.0000), Facilitating Conditions (sig 0.0253 berpengaruh terhadap niat dan penggunaan SIBIMTA. Dari hasil model penerimaan yang diterima oleh SIBIMTA ini dapat disimpulkan bahwa seberapapun besar manfaat dan bagusnya sebuah sistem informasi jika tidak dilakukan sosialisasi terkait tata cara penggunaan, maka tidak akan berpengaruh terhadap niat seseorang untuk menggunakan dan berdampak buruk pada kualitas layanan sistem tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Teknologi ,UTAUT, SIBIMTA
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Feb 2020 01:52
Last Modified: 24 Feb 2020 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67650

Actions (login required)

View Item View Item