Pengembangan Training Kit dan Jobsheet Penguat Daya Audio Sistem OT OTL dan OCL pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio.

Santosa, Eka Setia Budi and Waluyanti, Sri (2019) Pengembangan Training Kit dan Jobsheet Penguat Daya Audio Sistem OT OTL dan OCL pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (938kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan training kit dan jobsheet penguat daya audio sistem OT, OTL, dan OCL, (2) mengetahui unjuk kerja training kit penguat daya audio sistem OT, OTL, dan OCL, dan (3) mengetahui tingkat kelayakan training kit dan jobsheet penguat daya audio sistem OT, OTL, dan OCL pada mata pelajaran perekayasaan sistem audio. Media pembelajaran ini mengacu pada kompetensi dasar mata pelajaran perekayasaan sistem audio di SMKN 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: (1) analysis, (2) desain, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, pengujian unjuk kerja dan angket penelitian. Uji kelayakan media pembelajaran melibatkan dua ahli materi dan dua ahli media, sedangkan ujicoba pemakaian melibatkan 30 siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) training kit tersusun dari rangkaian penguat daya OT OTL OCL, penguat depan, pengatur nada, muting audio, VU meter, dan protektor speaker; (2) hasil pengujian unjuk kerja diperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan perencanaan penguat daya OT memiliki daya output 9,1W OTL 14,9W OCL 35,1W penguat depan memiliki penguatan tegangan 64,2dB; (3) hasil uji validasi materi memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat layak, uji validasi media memperoleh persentase 90,2% dengan kategori sangat layak, dan uji coba penggunaan oleh siswa memperoleh persentase 86,5% dikatagorikan sangat layak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, training kit, jobsheet, penguat daya audio
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Feb 2020 03:23
Last Modified: 22 Feb 2020 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67640

Actions (login required)

View Item View Item