PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS XI TKR/D PADA MATA PELAJARAN PKKR DI SMKM 1 BAMBANGLIPURO

Wijaya, Ari Tri (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS XI TKR/D PADA MATA PELAJARAN PKKR DI SMKM 1 BAMBANGLIPURO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas XI TKR/D SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah presentase ketuntasan kelas ≥75%. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR/D SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes untuk hasil belajar dan menggunakan lembar observasi untuk keaktifan peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Hal itu dapat dilihat dari: (1) adanya peningkatan presentase ketuntasan kelas dari siklus I adalah 68% meningkat pada siklus II menjadi 85%. (2) peningkatan keaktifan peserta didik dari sikus I adalah 49% meningkat pada siklus II menjadi 70%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Hasil belajar dan keaktifan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Feb 2020 06:49
Last Modified: 14 Feb 2020 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67554

Actions (login required)

View Item View Item