HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS LIMBAH BUSANA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL

Masruroh, Latif (2020) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS LIMBAH BUSANA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) disiplin belajar menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak. (2) hasil belajar menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak. (3) hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto dan metode penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak. Teknik penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan Tabel Isaac dan Michael mendapatkan hasil perhitungan sebanyak 51 siswa. Teknik sampling menggunakan metode simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner model Skala Likert dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstrak. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbanch. Sebanyak 35 butir soal dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,943. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) disiplin belajar menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak 72,5% dalam kategori rendah. (2) hasil belajar menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak 70,6% dalam kategori tidak kompeten. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada materi menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,305 > 0,271) dan nilai signifikansi sebesar 0,030 yang berarti kurang dari 0,05 (0,030 < 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Limbah Busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Feb 2020 01:30
Last Modified: 11 Feb 2020 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67447

Actions (login required)

View Item View Item