Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Keunggulan dan Keterbatasan Negara Indonesia dan ASEAN Mata Pelajaran IPS SMP.

Mislia, Tiara Septi and Aman, Aman (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Keunggulan dan Keterbatasan Negara Indonesia dan ASEAN Mata Pelajaran IPS SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian higher order thinking skills (HOTS) mata pelajaran IPS SMP, (2) mengetahui kelayakan instrumen penilaian HOTS mata pelajaran IPS SMP ditinjau dari hasil analisis validitas dan reliabilitas, dan (3) mendeskripsikan kemampuan profil HOTS mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta dilihat dari hasil uji coba siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall dan disesuaikan dengan kepentingan dan tujuan penelitian. Validasi dilakukan pada tahap pengembangan produk awal oleh tiga dosen ahli. Uji coba empiris butir soal tes HOTS dilakukan dengan menggunakan uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan awal dilakukan pada skala yang lebih kecil yaitu 28 siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Uji coba lapangan dilakukan pada 200 siswa yang berasal dari SMP Negeri 5 Yogyakarta. Analisis data uji coba instrumen penilaian HOTS menggunakan analisis AnBuso versi 8.0 dan analisis SPSS 23 untuk melihat tingkat reliabilitas instrumen penilaian untuk mengetahui kualitas soal tes HOTS secara empiris. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penelitian pengembangan instrumen penilaian HOTS mata pelajaran IPS meliputi beberapa langkah yaitu: survei lapangan, perencanaan, pembuatan produk instrumen penilaian HOTS, melakukan validasi dosen ahli dan revisi dari dosen ahli, uji coba awal dan revisi awal, uji coba akhir, analisis hasil uji coba dan penyempurnaan produk utama. Instrumen penilaian HOTS IPS berupa soal tes pilihan ganda dan uraian yang terdiri dari 26 butir soal pilihan ganda dan 4 butir soal uraian. Soal tes HOTS ini dihasilkan melalui rangkaian prosedur penelitian dan pengembangan. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian tersebut valid dan layak digunakan dengan dibuktikan hasil reliabilitas soal pilihan ganda sebesar 0,768 dan soal uraian 0,804. Kualitas butir soal tes HOTS ditunjukkan dari hasil analisis butir soal. Soal pilihan ganda memiliki rata-rata tingkat kesukaran 61,53% (kategori sedang), rata-rata daya pembeda 76,93% (kategori baik), dan rata-rata pengecoh 57,69% (kategori baik). Sedangkan soal uraian memiliki rata-rata tingkat kesukaran sedang dan daya pembeda pada kategori baik. (3) Kemampuan HOTS siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII berada pada 5 kategori yaitu: kategori sangat tinggi (3,5%), kategori tinggi (36,5%), kategori sedang (50,5%), kategori rendah (8%), dan kategori sangat rendah (1,5%). Dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan higher order thinking skills siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta berada pada kategori sedang sampai tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: HOTS, instrumen penilaian, IPS SMP, pengembangan
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:02
Last Modified: 03 Feb 2020 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67375

Actions (login required)

View Item View Item