PENGEMBANGAN E-MODULE PADASMATA DIKLAT INSTALASISMOTOR SLISTRIK UNTUK SISWA KELASSXI SMK NEGERI 3SYOGYAKARTA

Fitrah, Muhammad (2019) PENGEMBANGAN E-MODULE PADASMATA DIKLAT INSTALASISMOTOR SLISTRIK UNTUK SISWA KELASSXI SMK NEGERI 3SYOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Menghasilkan E-Modul praktik instalasi motor listrik pada beban motor listrik, (2) Mengetahui kelayakan E-Modul praktik instalasi motor listrik pada beban motor listrik. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan ADDIE yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Pengujian produk terdiri atas uji alfa dan uji beta untuk mengetahui tingkat kelayakan produk dan efektivitas produk. Uji alfa produk melibatkan 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji beta produk dalam skala kecil melibatkan 13 siswa kelas XI TITL 1. Uji lapangan melibatkan 26 siswa Kelas XI TITL 1 SMK Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah multimedia pembelajaran berupa compact disc (CD). Hasil pengujian produk pada uji alfa menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan masuk dalam kategori layak yang diberi rerata skor 3,24 oleh ahli media dan kategori sangat layak 3,47 oleh ahli materi. Hasil uji beta dalam skala kecil menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan tersebut masuk dalam kategori sangat layak dengan rerata skor 3,37. Sedangkan uji lapangan menghasilkan rerata skor sebesar 3,61 dengan kategori sangat layak. Multimedia ini juga terbukti layak dan efektif dalam proses pembelajaran siswa kelas Kelas XI SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Module, Instalasi, multimedia, pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:49
Last Modified: 13 Jan 2020 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67094

Actions (login required)

View Item View Item