PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Kurniasih, Dwi (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran pengetahuan tekstil pada guru dan siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Surakarta, 2) aspek-aspek yang menjadi kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran pengetahuan tekstil di SMK Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sebagai sumber data yaitu guru dan siswa. Populasi siswa sebanyak 140 dan sampel sebesar 100 siswa berdasarkan teknik proportionated random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran pengetahuan tekstil secara keseluruhan berdasarkan self assessment 100% guru termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan persepsi 51% siswa termasuk dalam kategori baik. Secara rinci, pelaksanaan pembelajaran pengetahuan tekstil ditinjau dari: a) kegiatan pendahuluan, berdasarkan self assessment 100% guru termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan persepsi 51% siswa termasuk dalam kategori baik; b) kegiatan inti, berdasarkan self assessment 100% guru termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan persepsi 50% siswa termasuk dalam kategori baik; c) kegiatan penutup, berdasarkan self assessment 100% guru termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan persepsi 42% siswa termasuk dalam kategori baik, 2) aspek-aspek yang menjadi kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran pengetahuan tekstil terdapat pada aspek menerapkan pendekatan saintifik dalam kegiatan mengkomunikasikan dengan skor 250, memberikan penguatan dengan skor 218, dan memberikan umpan balik dengan skor 234.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pengetahuan tekstil
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:15
Last Modified: 09 Jan 2020 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67063

Actions (login required)

View Item View Item