Kurniasih, Dwi (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran pengetahuan tekstil pada guru dan siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Surakarta, 2) aspek-aspek yang menjadi kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran pengetahuan tekstil di SMK Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sebagai sumber data yaitu guru dan siswa. Populasi siswa sebanyak 140 dan sampel sebesar 100 siswa berdasarkan teknik proportionated random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran pengetahuan tekstil secara keseluruhan berdasarkan self assessment 100% guru termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan persepsi 51% siswa termasuk dalam kategori baik. Secara rinci, pelaksanaan pembelajaran pengetahuan tekstil ditinjau dari: a) kegiatan pendahuluan, berdasarkan self assessment 100% guru termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan persepsi 51% siswa termasuk dalam kategori baik; b) kegiatan inti, berdasarkan self assessment 100% guru termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan persepsi 50% siswa termasuk dalam kategori baik; c) kegiatan penutup, berdasarkan self assessment 100% guru termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan persepsi 42% siswa termasuk dalam kategori baik, 2) aspek-aspek yang menjadi kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran pengetahuan tekstil terdapat pada aspek menerapkan pendekatan saintifik dalam kegiatan mengkomunikasikan dengan skor 250, memberikan penguatan dengan skor 218, dan memberikan umpan balik dengan skor 234.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, pengetahuan tekstil |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 02:15 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 02:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67063 |
Actions (login required)
View Item |