Ruron, Antonius Tuan Tana and Tomoliyus, Tomoliyus (2019) Pengembangan Penilaian Alternatif Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Penjas Materi Aktivitas Ritmik di SMP. S2 thesis, Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menyusun rubrik penilaian alternatif sesuai dengan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP, 2) menguji validitas empirik instrumen penilaian alternatif berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP, 3) menguji reliabilitas instrumen penilaian alternatif alternatif berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP. Desain penelitian adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4-D (defining, designing, developing, disseminating). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 59 subjek yang terdiri atas 55 siswa dan 4 guru penjas SMP. Teknik pengumpulan data validasi ahli menggunakan teknik delphi, uji validitas empirik menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data validitas ahli menggunakan content validity ratio. Sedangkan validitas empirik dianalisis menggunakan korelasi product moment. Uji reliabilitas antar rater menggunakan cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) validitas ahli mempunyai moderat aggrement atau kesepakatan ahli cukup moderat tentang instrumen penilaian alternatif berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP, 2) uji validitas empirik dihasilkan validitas yang tinggi untuk instrumen penilaian alternatif berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP, 3) uji reliabilitas dihasilkan kesamaan antar rater yang tinggi untuk instrumen penilaian alternatif berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penilaian alternatif, berpikir kritis, kreatif |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 03:10 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 03:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66722 |
Actions (login required)
View Item |