Pengembangan Penilaian Alternatif Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Penjas Materi Aktivitas Ritmik di SMP.

Ruron, Antonius Tuan Tana and Tomoliyus, Tomoliyus (2019) Pengembangan Penilaian Alternatif Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Penjas Materi Aktivitas Ritmik di SMP. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menyusun rubrik penilaian alternatif sesuai dengan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP, 2) menguji validitas empirik instrumen penilaian alternatif berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP, 3) menguji reliabilitas instrumen penilaian alternatif alternatif berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP. Desain penelitian adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4-D (defining, designing, developing, disseminating). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 59 subjek yang terdiri atas 55 siswa dan 4 guru penjas SMP. Teknik pengumpulan data validasi ahli menggunakan teknik delphi, uji validitas empirik menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data validitas ahli menggunakan content validity ratio. Sedangkan validitas empirik dianalisis menggunakan korelasi product moment. Uji reliabilitas antar rater menggunakan cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) validitas ahli mempunyai moderat aggrement atau kesepakatan ahli cukup moderat tentang instrumen penilaian alternatif berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP, 2) uji validitas empirik dihasilkan validitas yang tinggi untuk instrumen penilaian alternatif berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP, 3) uji reliabilitas dihasilkan kesamaan antar rater yang tinggi untuk instrumen penilaian alternatif berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik di SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian alternatif, berpikir kritis, kreatif
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Nov 2019 03:10
Last Modified: 20 Nov 2019 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66722

Actions (login required)

View Item View Item