Pengembangan Media Papan Pecahan untuk Menanamkan Pemahaman Konsep Pecahan dan Self-Efficacy Siswa SD.

Utama, Muhammad Putra and Mahmudi, Ali (2019) Pengembangan Media Papan Pecahan untuk Menanamkan Pemahaman Konsep Pecahan dan Self-Efficacy Siswa SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media Papan Pecahan yang berkualitas ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk menanamkan pemahaman konsep pecahan dan self-efficacy siswa SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah pengembangan Borg & Gall yang meliputi: pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk I, uji coba utama, revisi produk II, uji coba operasional, revisi produk akhir, dan diseminasi. Uji coba produk dilakukan di SD N Borobudur 2, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Uji coba awal dilakukan dengan subjek 9 siswa dan seorang guru kelas. Uji coba lapangan utama dilakukan dengan subjek 30 siswa dan seorang guru, sedangkan uji coba operasional dilakukan dengan subjek sebanyak 154 siswa. Analisis kevalidan produk dilakukan berdasarkan penilaian dari Ahli Media dan Ahli Materi. Analisis kepraktisan produk berdasarkan penilaian terhadap respon guru dan respon siswa. Analisis keefektifan produk dilihat dari nilai rata-rata postes pemahaman konsep pecahan dan self-efficacy. Penelitian ini menghasilkan produk media Papan Pecahan yang memiliki komponen berupa papan, puzzle pecahan, kartu perintah, kartu jawaban, serta LKS. Media dinyatakan memiliki kualitas dari segi kevalidan, validator Ahli Media dan Ahli Materi menilai bahwa media “sudah siap” digunakan. Media dinyatakan memiliki kualitas dari segi kepraktisan, rata-rata skor angket respon guru dan angket respon siswa masing-masing mencapai kategori “baik”. Analisis keefektifan produk didasarkan pada beberapa penilaian. Nilai rata-rata pemahaman konsep pecahan siswa yang menggunakan media Papan Pecahan mencapai kategori “baik” (lebih besar dari KKM 70) dibuktikan dengan uji one sample t-test diperoleh t-hitung > t- tabel (sig. 0,05). Nilai rata-rata self-efficacy siswa yang menggunakan media Papan Pecahan mencapai kategori “baik” (lebih besar dari 64,4) dibuktikan dengan uji one sample t-test diperoleh t-hitung > t-tabel (sig. 0,05). Nilai rata-rata pemahaman konsep pecahan siswa yang menggunakan Media Papan Pecahan lebih tinggi dibandimgkan dengan siswa yang tidak menggunakan media Papan Pecahan, dibuktikan dengan hasil independent sample t-test diperoleh t-hitung > t-tabel (sig. 0,05). Nilai rata-rata self-efficacy siswa yang menggunakan Media Papan Pecahan lebih tinggi dibandimgkan dengan siswa yang tidak menggunakan media Papan Pecahan, dibuktikan dengan hasil independent sample t-test diperoleh t-hitung > t- tabel (sig. 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Papan Pecahan memiliki kualitas dilihat dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media Papan Pecahan, pemahaman konsep pecahan, self-efficacy.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2019 02:26
Last Modified: 14 Nov 2019 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66668

Actions (login required)

View Item View Item