Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Se-Kabupaten Banyumas.

Riandika, Devita and Mulyani, Endang (2019) Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Se-Kabupaten Banyumas. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Covor.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perencanaan, (2) proses pelaksanaan, dan (3) manajemen hasil penilaian autentik pada pembelajaran ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi kuantitatif terhadap pelaksanaan penilaian autentik pembelajaran ekonomi dengan Kurikulum 2013 pada SMA negeri dan swasta di Kabupaten Banyumas dengan menggunakan model evaluasi Stake yang terdiri dari tiga tahap evaluasi: (1) tahap masukan (perencanaan penilaian autentik); (2) tahap proses (proses pelaksanaan penilaian autentik); (3) tahap hasil (manajemen hasil penilaian autentik). Penelitian ini dilakukan pada tiga SMA negeri dan tiga SMA swasta di Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan penilaian autentik pada penilaian pengetahuan menunjukkan sebanyak tiga sekolah atau 50% mendapatkan skor sangat baik dan tiga sekolah atau 50% mendapatkan skor baik, sedangkan pada penilaian keterampilan menunjukkan lima sekolah atau 83,33% pada skor sangat baik dan 1 sekolah atau 16,67% pada skor baik. (2) Tahap proses pelaksanaan penilaian autentik untuk penilaian pengetahuan menunjukkan dua sekolah atau 33,33% pada kategori sangat baik, kemudian empat sekolah atau 66,67% mendapatkan kategori baik. Hasil penilaian keterampilan menunjukkan empat sekolah atau 66,67% dengan kategori sangat baik serta dua sekolah atau 33,33% yang mendapatkan kategori baik. (3) Tahap manajemen hasil pada penilaian pengetahuan menunjukkan satu sekolah atau 16,67% dengan kategori sangat baik dan lima sekolah atau 83,33% dengan kategori baik, hasil penilaian keterampilan menunjukkan lima sekolah atau 83,33% dengan kategori sangat baik, dan satu sekolah atau 16,67% dengan kategori baik. Dari hasil tersebut dapat dikategorikan, bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada SMA negeri dan swasta di Kabupaten Banyumas sudah baik, tetapi hanya kurang maksimal dalam pelaksanaannya dikarenakan masih terdapat beberapa kendala yang dirasa oleh guru. Sehingga perlu adanya perbaikan mengenai kendala-kendala yang dirasakan oleh guru agar penilaian autentik dapat berjalan lebih maksimal. Penelitian ini diharapkan berguna bagi akademisi dan guru maupun pemerintahan terkait dikarenakan pelaksanaan penilaian autentik masih terus berlanjut dan perlu adanya evaluasi lebih mendalam. Kata Kunci : evaluasi, Kurikulum 2013, pembelajaran ekonomi, penilaian autentik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:05
Last Modified: 14 Nov 2019 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66662

Actions (login required)

View Item View Item