Analisiss Muatan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik dalam Buku Teks Berbasis Kurikulum 2013 Kelas VI SD Tema Selamatkan Makhluk Hidup.

Maryati, Maryati and Zubaidah, Enny (2019) Analisiss Muatan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik dalam Buku Teks Berbasis Kurikulum 2013 Kelas VI SD Tema Selamatkan Makhluk Hidup. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan muatan pendekatan saintifik dan penilaian otentik dalam buku teks berbasis kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku teks berbasis kurikulum 2013 kelas VI tema selamatkan makhluk hidup terdiri dari buku teks terbitan Puskurbuk, Yudhistira, dan Erlangga. Muatan pendekatan saintifik dan penilaian otentik menjadi objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan pembacaan dan pencatatan terhadap unit analisis. Unit analisis berupa instruksi dan materi tentang pendekatan saintifik dan penilaian otentik yang tercantum pada buku teks. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis isi yang disusun berdasarkan landasan teori. Validitas instrumen dan data yang digunakan adalah validitas semantik dan pemeriksaan oleh ahli. Reliabilitas yang digunakan adalah stabilitas dan reproduktabilitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pemilihan unit, penentuan tema, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan menarasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan saintifik yang terdiri dari lima aspek, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan tidak selalu berurutan sehingga tidak semua indikator pada setiap aspek ditemukan pada setiap subtema. 2) Penilaian otentik terdiri dari tiga aspek, yaitu penilaian sikap sosial dan spiritual, penilaian keterampilan yang hanya memuat penilaian praktik, produk, dan proyek, dan penilaian pengetahuan tanpa ada tes lisan dan penugasan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis, pendekatan saintifik, penilaian otentik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2019 08:18
Last Modified: 13 Nov 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66658

Actions (login required)

View Item View Item