Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach dengan Metode Discovery terhadap Kreativitas Ilmiah dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas III SD.

Mulia, Frestika and Wangid, Muhammad Nur (2019) Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach dengan Metode Discovery terhadap Kreativitas Ilmiah dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas III SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUISTAKA.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode discovery terhadap kreativitas ilmiah siswa, (2) pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode discovery terhadap rasa ingin tahu siswa, (3) pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode discovery dibandingkan dengan buku kurikulum 2013 terhadap kreativitas ilmiah siswa, dan (4) pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode discovery dibandingkan dengan buku kurikulum 2013 terhadap rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan nonequivalent comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri di Kecamatan Pejagoan yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Sampel penelitian ini adalah 93 siswa SD Negeri 2 Pejagoan, SD Negeri 2 Logede, dan SD Negeri Jemur. Sampel penelitian dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen menggunakan buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode discovery dan kelas kontrol menggunakan buku kurikulum 2013. Kelas eksperimen berjumlah 52 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 41 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kreativitas ilmiah dan skala rasa ingin tahu. Teknik analisis menggunakan uji Paired Sample t-Test dan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode discovery berpengaruh terhadap kreativitas ilmiah siswa kelas III sekolah dasar; (2) buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode discovery berpengaruh terhadap rasa ingin tahu siswa kelas III sekolah dasar; (3) buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode discovery lebih berpengaruh daripada buku kurikulum 2013 terhadap kreativitas ilmiah siswa kelas III sekolah dasar; dan (4) buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode discovery lebih berpengaruh daripada buku kurikulum 2013 terhadap rasa ingin tahu siswa kelas III sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode discovery, kreativitas ilmiah, rasa ingin tahu.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:12
Last Modified: 13 Nov 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66649

Actions (login required)

View Item View Item