Pengembangan Mobile Learning berbasis Android pada Materi Persiapan dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Siswa Tunanetra Kelas VIII di MTs Yaketunis Yogyakarta

Hakim, Yusuf and Sujarwo, Sujarwo (2019) Pengembangan Mobile Learning berbasis Android pada Materi Persiapan dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Siswa Tunanetra Kelas VIII di MTs Yaketunis Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan produk mobile learning yang dihasilkan; (2) mengetahui kebermanfaatan produk mobile learning dalam meningkatkan capaian hasil belajar siswa tunanetra. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Alessi & Trollip. Prosedur pengembangan mobile learning meliputi: (1) tahap perencanaan, (2) tahap desain, dan (3) tahap pengembangan yang dilengkapi dengan atribut komponen mencakup standards, ongoing evaluation, dan project management. Atribut tersebut berfungsi untuk mengontrol setiap tahap pengembangan. Uji coba produk dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji alpha dan uji beta. Uji alpha melibatkan dua ahli media, dua ahli materi, dan dua ahli pembelajaran tunanetra, sedangkan uji beta melibatkan tiga siswa tunanetra kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta. Objek penelitian berupa produk mobile learning Persiapan dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen yang digunakan adalah angket kelayakan mobile learning. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini: (1) produk yang dihasilkan dinilai sangat layak berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran tunanetra dan subyek uji coba, hal ini ditinjau dari kriteria kelayakan mobile learning, teori belajar behavioristik, teori belajar pemrosesan informasi, dan prinsip pembelajaran siswa tunanetra, dan; (2) produk yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa tunanetra kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta, terbukti berdasarkan perbedaan rerata nila pretest dan posttest dalam kelas uji coba dengan perbandingan nilai gain hasil belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kata Kunci: mobile learning, android, siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:01
Last Modified: 13 Nov 2019 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66636

Actions (login required)

View Item View Item