Analisis Muatan Higher Order Thinking (HOT) pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar.

Lutfiana, Dian Yuli and Mustadi, Ali (2019) Analisis Muatan Higher Order Thinking (HOT) pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) muatan HOT aspek analisis, (2) muatan HOT aspek evaluasi, (3) muatan HOT aspek berkreasi/mencipta pada buku teks Kurikulum 2013 tema 9 Menjelajah Angkasa Luar kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis konten. Subjek penelitian ini adalah buku teks Kurikulum 2013 tema 9 Menjelajah Angkasa Luar kelas VI Sekolah Dasar. Objek penelitian ini adalah muatan Higher Order Thinking (HOT). Unit analisis berupa instruksi dan materi yang tercantum pada buku teks. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pembacaan dan pencatatan yang cermat. Instrumen yang digunakan berupa lembar analisis konten yang disusun berdasarkan landasan teori. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas semantis yang dilakukan oleh ahli. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas stabilitas dan reproduktabilitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari: pengumpulan data, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator muatan Higher Order Thinking (HOT) sudah terkandung pada buku teks Kurikulum 2013 tema 9 Menjelajah Angkasa Luar kelas VI Sekolah Dasar. Distribusi indikator HOT tidak mereata karena pada setiap pembelajaran dalam buku teks tidak selalu memuat semua indikator HOT Muatan HOT buku teks Kurikulum 2013 tema 9 Menjelajah Angkasa Luar lebih banyak mengarahkan siswa untuk menganalisis materi baik berupa differentiating, organizing, maupun attributing. Pada aspek evaluasi, buku teks banyak mengarahkan siswa untuk berpikir kritis dalam menilai pekerjaan dirinya maupun siswa lainnya. Sedangkan pada aspek berkreasi/mencipta, buku teks banyak mengarahkan siswa untuk berpikir kreatif dan terampil memecahkan masalah hingga membuat produk dua dimensi maupun tiga dimensi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking, buku teks kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:40
Last Modified: 07 Dec 2020 06:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66626

Actions (login required)

View Item View Item