PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK ELEKTRONIKA KELAS X DI SMKN 3 YOGYAKARTA

Retnaningtyas, Fany (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK ELEKTRONIKA KELAS X DI SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta; (2)Mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta; (3)Mengetahui efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen (Quasy Experiment). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TL 1 dengan model Problem Based Learning sebanyak 20 siswa, kelas X TL 2 dengan model Discovery Learning sebanyak 18 siswa di SMKN 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes dan angket. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif dan uji Independent sample t test, dan I paired sample t tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas DL memiliki rata-rata skor tes lebih tinggi yaitu sebesar 63,62 untuk pretset dan 75,56 untuk posttest, sedangkan kelas Problem Based Learning memperoleh skor 58,25 untuk pretest dan 75,26. Kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Discovery Learning memiliki nilai gain sebesar 0,308 dan kelas Problem Based Learning memiliki skor gain sebesar 0,4. Hasil belajar kelompok siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan Discovery Learning tidak sama dibandingkan hasil belajar siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan Problem Based Learning. hasil belajar kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Discovery Learning memiliki hasil yang sama dibandingkan dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaaran dengan Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Problem Based Learning, dasar listrik elektronika, hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:54
Last Modified: 08 Nov 2019 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66580

Actions (login required)

View Item View Item