Self Regulated Learning dan Konsep Diri terhadap Aspirasi Karier pada Remaja

Pratiwi, Rezky Graha and Retnowati, Endah (2019) Self Regulated Learning dan Konsep Diri terhadap Aspirasi Karier pada Remaja. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self regulated learning dan konsep diri secara bersama-sama dan sendiri-sendiri terhadap aspirasi karier pada remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto. Penelitian ini dilakukan di Kota Yogyakarta yang terdiri dari 223 perempuan dan 152 laki-laki. Data dikumpulkan melalui adaptasi CAS-R untuk skala aspirasi karier dengan 33 item, MSLQ untuk skala self regulated learning dengan 44 item dan TSCS untuk skala konsep diri dengan 100 item. Teknik validasi instrumen menggunakan validitas isi dan reliabilitas berdasarkan koefisien Alpha Cronbach untuk skala aspirasi karier dengan nilai 0,899, Alpha Cronbach untuk skala self regulated learning dengan nilai 0,948 dan Alpha Cronbach untuk skala konsep diri dengan nilai 0,974. Data tersebut kemudian dianalisis melalui analisis regresi berganda dengan mendapatkan hasil signifikansi 0,008 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh self regulated learning dan konsep diri secara bersamaan terhadap aspirasi karier pada remaja, (2) ada pengaruh self regulated learning terhadap aspirasi karier pada, dan (3) terdapat pengaruh konsep diri terhadap aspirasi karier pada remaja. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh self regulated learning dan konsep diri terhadap aspirasi karier pada remaja. Self regulated learning dan konsep diri dapat menjadi prediktor yang kuat terhadap aspirasi karier pada remaja. Kata kunci : aspirasi karier, self regulated learning, konsep diri, remaja

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2019 04:37
Last Modified: 06 Nov 2019 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66546

Actions (login required)

View Item View Item