Teknik Permainan dan Peran Musik dalam Tingkilan Penta Etnika Samarinda: Analisis Strukturalisme Claude Levi-Strauss

Hikmah, Sherly Nur and Pradoko, Susilo (2019) Teknik Permainan dan Peran Musik dalam Tingkilan Penta Etnika Samarinda: Analisis Strukturalisme Claude Levi-Strauss. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) alat musik yang digunakan dalam Tingkilan Penta Etnika; (2) teknik permainan musik Tingkilan Penta Etnika; (3) peran alat musik dalam Tingkilan Penta Etnika; (4) peran musik Tingkilan Penta Etnika bagi masyarakat pendukungnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode etnografi dan dipertajam dengan pisau analisis teori strukturalisme Claude Levis-Strauss. Penelitian dilakukan di Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Objek penelitian adalah kesenian tradisi musik Tingkilan Penta Etnika. Informan penelitian adalah pelaku seni, pemerintah setempat dan masyarakat. Data diperoleh dari berbagai sumber dan dianalisis dengan model sirkuler yaitu mengulang dari awal pengambilan data hingga simpulan sementara dan membandingkan hingga mendapatkan jawaban yang sahih melalui bukti-bukti lapangan, wawancara dan dokumentasi kemudian disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) alat musik yang digunakan dalam Tingkilan Penta Etnika yaitu, gambus, ukulele dan cello. (2) teknik permainan alat berdasarkan analisis pengelompokan sintagmatik dan paradigmatik yaitu, (a) gambus dimainkan dengan teknik tremolo picking dan memiliki 3 pola melodi khas sebagai penanda pelaku seni pertunjukan maupun penonton, (b) ukulele dimainkan dengan teknik strumming picking dan memiliki 3 pola iringan, (c) cello dimainkan dengan teknik pizzicato picking dan memili 4 pola iringan. (3) Peran setiap alat yaitu, (a) gambus, sebagai pengisian introduksi, isian (filler), harmonis dan coda, (b) ukulele, sebagai blockchord dan harmonis, (c) cello, sebagai bass pengendali ritmis dan isian uraian nada dari akord yang dibawakan. (4) peran musik tingkilan Penta Etnika bagi masyarakat yaitu, (a) sarana hiburan, (b) sarana integritas kemasyarakatan, (c) sarana identitas budaya lokal, (d) sarana ketahanan budaya dan (e) sarana edukasi. Kata Kunci: alat, peran, strukturalisme, teknik, Tingkilan Penta Etnika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Nov 2019 08:03
Last Modified: 04 Nov 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66516

Actions (login required)

View Item View Item