Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Simponi Kecapi Dan Implementasinya Pada Siswa Sman 11 Sidrap Di Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan

Pagga, Fitri and Astuti, Kun Setyaning (2019) Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Simponi Kecapi Dan Implementasinya Pada Siswa Sman 11 Sidrap Di Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) upaya-upaya yang dilakukan dalam merevitalisasi pertunjukan Simponi Kecapi masyarakat Bugis di Kabupaten Sidenreng Rappang, (2) nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lagu Simponi Kecapi, (3) proses implementasi nilai-nilai pendidikan pada pertunjukan Simponi Kecapi pada siswa SMAN 11 Sidrap. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan sudut pandang etnografis untuk mengetahui keadaan dimasyarakat secara langsung. Teori hermeneutika digunakan untuk menguraikan nilai-nilai pendidikan yang terkadung dalam lagu Simponi Kecapi. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Subjek penelitian yaitu seniman dan budayawan Simponi Kecapi, sasaran implementasi yaitu siswa SMAN 11 Sidrap. Data primer didapatkan dari observasi dan wawancara langsung kepada pelaku seni dan juga budayawan Simponi Kecapi, sedangkan data sekunder didapatkan dari hasil dokumentasi dinas pendidikan dan juga data pertunjukan seniman. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur serta analisis konten yang berkaitan dengan pertunjukan Simponi Kecapi. Teknik menganalisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu grup yang sampai saat ini telah menghidupkan kembali pertunjukan Simponi Kecapi, yaitu Institut Kesenian Sidrap yang disingkat dengan sebutan IKS. Grup kesenian ini giat melakukan pelatihan dan pengembangan bakat terhadap para anggota. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung pada lagu Sulo Mattappa Rialewe dan Ala massea-sea mua yaitu: (a) rajin/ulet, (b) bersungguh-sungguh/giat dalam menuntut ilmu, (c) tidak mudah putus asa, dan (d) bertanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan yang dihasilkan kemudian di implementasikan pada Siswa SMAN 11 Sidrap yang dilakukan dengan cara memberikan hasil penelitian dalam bentuk materi pembelajaran. Hasil implementasi menunjukkan bahwa siswa dapat mencerminkan sikap nilai-nilai pendidikan rajin/ulet, tekun, tidak mudah putus asa dan bertanggung jawab pada keseluruhan proses pembelajaran musik tradisional Simponi Kecapi. Kata kunci: implementasi, nilai-nilai pendidikan, revitalisasi, Simponi Kecapi,

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:09
Last Modified: 01 Nov 2019 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66495

Actions (login required)

View Item View Item