Sugiarti, Lana and Karyati, Karyati (2019) Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar dan Self-Efficacy Siswa SMP di Kabupaten Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menentukan jenis kesulitan siswa, faktor-faktor kesulitan dan self-efficacy siswa SMP di Kabupaten Bantul dalam menyelesaikan soal Aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 335 siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Bantul yang berasal dari 12 sekolah dengan kategori strata tinggi, sedang dan rendah. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan stratified proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket self-efficacy siswa dan dilengkapi dengan wawancara terhadap subjek untuk melacak jenis kesulitan, yaitu kesulitan fakta, konsep, prinsip dan keterampilan serta faktor penyebabnya. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 6 soal. Angket self efficacy siswa terdiri dari 30 item. Instrumen yang digunakan telah divalidasi oleh dua ahli. Analisis data dilakukan dengan menghitung banyak kesulitan dari jawaban siswa yang didukung hasil tes, angket self-efficacy dan wawancara yang kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan yang dialami siswa berdasarkan jawaban siswa yaitu kesulitan prinsip sebesar 56,47%, selanjutnya kesulitan konsep sebesar 52,24%, dan kemudian kesulitan keterampilan sebesar 49,15%. Kesulitan paling rendah yang dialami siswa yaitu kesulitan fakta dengan persentase sebesar 27,66%. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan berdasarkan hasil telaah terhadap jawaban siswa yaitu siswa tidak mampu dalam hal (1) menuliskan lambang/simbol dan menuliskan yang diketahui dari soal, (2) memahami konsep teknik penyelesaian soal dan memanipulasi bentuk aljabar serta metode eliminasi dan substitusi, (3) memadukan beberapa konsep dan menerapkan rumus yang digunakan, (4) menyelesaikan soal himpunan, persamaan garis, relasi dan fungsi, operasi dasar matematika dan menentukan jawaban akhir. Self-efficacy siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata 94,55 dari skor maksimal 150. Hubungan antara self-efficacy siswa dan kesulitan aljabar termasuk jenis hubungan negatif, artinya siswa yang memiliki self-efficacy rendah maka kesulitan yang dialami siswa tinggi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fakta, kesulitan, keterampilan, konsep, prinsip, self-efficacy |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 02:19 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 02:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |