Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science Outdoor Learning Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Curiosity dan High Order Thinking Skill (HOTS) Peserta Didik SMP

Sekarini, Rizki Putri and Arty, Indyah Sulistyo (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science Outdoor Learning Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Curiosity dan High Order Thinking Skill (HOTS) Peserta Didik SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
coverr.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran science outdoor learning berbasis kontekstual yang layak digunakan oleh peserta didik dan pendidik sebagai sumber belajar, (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran science outdoor learning berbasis kontekstual untuk meningkatkan curiosity dan high order thinking skill (HOTS) peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan. Terdapat empat tahapan pada model 4-D, yaitu (a) pendefinisian (define), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (develop), (d) penyebaran (disseminate). Tahap define dilakukan dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan dengan penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan perancangan produk awal. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi lembar kelayakan produk untuk dosen ahli dan guru IPA, keterbacaan oleh peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran science outdoor learning berbasis kontekstual, lembar angket curiosity, lembar observasi curiosity, serta soal pretest dan posttest HOTS. Tahap develop dilakukan dengan peninjauan oleh dosen pembimbing, penilaian oleh dosen ahli dan guru IPA, serta uji coba produk pada 33 peserta didik di kelas IX A SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Tahap disseminate hanya dilakukan secara terbatas pada guru di SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran science outdoor learning berbasis kontekstual yang terdiri dari silabus, RPP, LKPD, dan instrumen penilaian curiosity dan high order thinking skill (HOTS) layak digunakan oleh peserta didik dan pendidik sebagai sumber belajar dengan memperoleh nilai A dan kategori sangat baik dari dosen ahli dan guru IPA, (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan curiosity dan high order thinking skill (HOTS). Keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan curiosity dilihat berdasarkan nilai gain dari angket sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan HOTS dilihat berdasarkan nilai gain dari soal pretest dan posttest sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Kata kunci: perangkat pembelajaran, science outdoor learning, kontekstual, curiosity, high order thinking skill (HOTS)

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:06
Last Modified: 28 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66389

Actions (login required)

View Item View Item