Pengembangan Buku Pegangan Tata Krama Anak Autis Berbasis Teori Pembelajaran Observasional Bagi Orang Tua.

Swandari, Dian Ngesti and Mumpuniarti, Mumpuniarti (2019) Pengembangan Buku Pegangan Tata Krama Anak Autis Berbasis Teori Pembelajaran Observasional Bagi Orang Tua. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pegangan bagi orang tua tentang latihan tata krama bagi pengembangan perilaku sosial anak autis melalui pembelajaran observasional sehingga memudahkan orang tua dalam melatih tata krama untuk anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang memiliki lima langkah penelitian yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SLB Autis Lentera Harapan Klaten dengan jumlah subyek enam orang tua dari anak autis yang tidak memiliki hambatan bicara yang dibagi dalam subyek uji coba dan subyek uji efektifitas. Penilaian kelayakan dilakukan oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Uji efektifitas dilakukan dengan membandingkan nilai pre-test dan nilai post-test setelah subyek menggunakan produk buku pegangan yang dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, kuesioner dan tes pilihan ganda. Hasil yang diperoleh yaitu 1) kelayakan produk dinilai oleh ahli materi I sebesar 4,17 (baik), ahli materi II sebesar 4,45 (sangat baik), ahli media I sebesar 4,81 (sangat baik), ahli media II sebesar 3,98 (baik) , 2) keefektifan produk berdasar analisis pre-test dan post-test mengalami peningkatan sebesar 22,72% dengan nilai pre-test sebesar 45,45% dan nilai post-test sebesar 68,17%. Berdasar hasil penelitian tersebut maka produk buku pegangan yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk melatih tata krama bagi anak autis

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku pegangan, tata krama, pembelajaran observasional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:26
Last Modified: 24 Oct 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66349

Actions (login required)

View Item View Item