PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR CYLINDER BORE GAUGE BERBASIS ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 NGAWEN

Prayoga, Agi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR CYLINDER BORE GAUGE BERBASIS ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 NGAWEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran alat ukur cylinder bore gauge berbasis adobe flash dan mengetahui kelayakan serta tanggapan pengguna (peserta didik) terhadap media pembelajaran alat ukur cylinder bore gauge berbasis adobe flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development ) model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiono. Terdapat sepuluh langkah yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data atau informasi, 3) desain produk, 4) validasi, 5) revisi, 6) uji coba, 7) revisi, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi, dan 10) produksi masal. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas x SMK N 1 Ngawen Gunung Kidul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dengan skala likert 5 pilihan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh (1) rancangan pengembangan media pembelajaran yaitu; (a) mengumpulkan masalah dan menggali potensi di sekolah, (b) mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan, (c) mendesain dan membuat media pembelajaran, (d) memvalidasi media kepada ahli, (e) melakukan perbaikan media, (f) uji coba skala kecil pada peserta didik, (g) media mendapat tanggapan positif peserta didik sehingga masuk pada langkah selanjutnya, (h) uji coba skala besar pada peserta didik, (i) media mendapat tanggapan positif dari peserta didik, (j) produksi masal agar semua dapat mengaksesnya. (2) Kelayakan media pembelajatran alat ukur cylinder bore gauge dari segi materi menunjukkan skor 76 dan masuk pada kategori layak, dari segi media menunjukkan skor 79 dan masuk pada kategori layak. (3) Tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran pada uji coba produk menunjukkan rata-rata skor 72,29 dan masuk kategori layak. Hasil tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran pada uji coba pemakaian didapatkan hasil rata-rata skor yaitu 75,72 dan masuk kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media, cylinder bore gauge , penelitian
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Oct 2019 08:11
Last Modified: 23 Oct 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66306

Actions (login required)

View Item View Item