Keefektifan Pendekatan Open-Ended dengan Strategi Effective Questions pada Materi Geometri Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP

Agustianingsih, Ramayanti and Mahmudi, Ali (2019) Keefektifan Pendekatan Open-Ended dengan Strategi Effective Questions pada Materi Geometri Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pendekatan open-ended dengan strategi effective questions pada materi geometri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa SMP, (2) keefektifan pendekatan saintifik pada materi geometri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa SMP, (3) pendekatan yang lebih efektif di antara kedua pendekatan tersebut ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII sebuah SMP Negeri di Kalimantan Tengah dan dua kelas sampel dipilih berdasarkan rekomendasi guru memiliki kemampuan matematis yang setara. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran pendekatan open-ended dengan strategi effective questions, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kepercayaan diri siswa (koefisien reliabilitas = 0,607 & 0,876). Pembelajaran dikatakan efektif apabila rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa telah mencapai KKM dan persentase minimal siswa yang tuntas adalah 75%. Uji one sample t-test digunakan untuk menguji ketercapaian kriteria keefektifan pendekatan pembelajaran pertama, uji T Hotelling untuk mengetahui perbedaan rata-rata antara kedua pendekatan pembelajaran sebelum dan sesudah perlakuan, dan uji independent sample t-test untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif pada setiap variabel terikat. 2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendekatan open-ended dengan strategi effective questions efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa; (2) pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kepercayaan diri namun tidak efektif ditinjau dari kemampun berpikir kreatif matematis siswa; (3) pendekatan open-ended dengan strategi effective questions lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis, akan tetapi tidak lebih efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa namun berdasarkan perolehan dan peningkatan rata-ratanya pendekatan openended dengan strategi effective questions lebih baik daripada pendekatan saintifik. Kata Kunci: pendekatan open-ended, effective questions, pendekatan saintifik, kemampuan berpikir kreatif matematis, kepercayaan diri

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:03
Last Modified: 17 Oct 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66186

Actions (login required)

View Item View Item