Anggara, Tio and Kumalasari, Dyah (2019) Analisis Muatan Materi Sejarah Peradaban Islam dalam Buku Teks Kelas X Wajib di SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (925kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (367kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas muatan materi sejarah peradaban Islam di Indonesia yang terdapat di dalam buku teks mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Tahun 2018. Muatan materi yang menjadi fokus analisis meliputi kualitas kedalaman dan keluasan materi yang merupakan salah satu komponen kualitas cakupan materi buku teks. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Analisis Isi Kualitatif (Qualitative Content Analysis). Subjek dalam penelitian ini adalah buku teks sejarah Indonesia untuk kelas X SMA/MA yang diterbitkan oleh Kemendikbud (pemerintah) dan yang diterbitkan oleh Erlangga (swasta), sementara objeknya adalah isi buku teks yang berkaitan dengan materi sejarah peradaban Islam di Indonesia. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi lima tahapan, diantaranya: menyiapkan data, mendefinisikan satuan-satuan analisis, membuat kategori, melakukan koding, dan menyajikan data. Sementara untuk melihat keabsahan dokumen penelitian ini menggunakan teknik validitas isi (content validity) yang dilakukan untuk melihat secara menyeluruh dan mendalam muatan keluasan dan kedalaman materi buku teks. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keluasan materi buku teks baik yang dikeluarkan oleh Kemendikbud maupun Erlangga masing-masing sudah memuat penjabaran materi, contoh dan latihan sesuai dengan tagihan Kurikulum (dalam hal ini Kompetensi Dasar) yang membahas mengenai sejarah peradaban Islam di Indonesia. Ketersediaan materi, contoh, dan latihan yang termuat didalam buku teks yang diterbitkan oleh kemendikbud pada setiap subab materi sesuai dengan kompetensi dasar yang ada. Namun demikian di dalam buku teks yang diterbitkan oleh Erlangga kurang menyajikan contoh-contoh yang bisa mempermudah pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, contoh hanya diberikan terhadap sebagian materi saja sedangkan sebagian lainnya tidak disertai dengan contoh yang memadai; (2) kedalaman materi buku teks sudah memuat materi yang berupa fakta, konsep, dan prinsip yang saling berkaitan pada setiap jabaran materi di dalam buku teks. Ketersediaan fakta, konsep, dan prinsip yang termuat di dalam kedua buku teks saling berkaitan dan membangun kerangka materi secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis isi buku teks, sejarah peradaban Islam |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 07:17 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 07:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66172 |
Actions (login required)
View Item |