Ratnasari, Gamarina Isti and Abadi, Agus Maman (2019) Keefektifan Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Literasi Matematika, Penalaran Matematika, dan Self esteem Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (967kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (918kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan pembelajaran kontekstual ditinjau dari literasi matematika, penalaran matematika, dan self esteem peserta didik SMA; 2) keefektifan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari literasi matematika, penalaran matematika, dan self esteem peserta didik SMA; dan 3) perbedaan keefektifan antara pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari literasi matematika, penalaran matematika, dan self esteem peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest nonequivalent group design yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 dan X IPA 3 berasal dari subjek penelitian peserta didik kelas X SMA N 1 Bantul. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretes dan postes kemampuan literasi matematika, pretes dan postes kemampuan penalaran matematika, dan angket self esteem. Kriteria keefektifan dalam penelitian ini didasarkan pada: 1) rata-rata hasil postes kemampuan literasi matematika, postes kemampuan penalaran matematika, dan angket akhir self esteem lebih dari 75 dan 2) rata-rata hasil postes lebih tinggi dibandingkan pretes untuk kemampuan literasi matematika dan kemampuan penalaran serta rata-rata hasil skor angket akhir self esteem lebih tinggi dibandingkan skor angket awal. Berdasakan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kemampuan penalaran matematika, namun tidak efektif ditinjau dari self esteem peserta didik SMA; (2) pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kemampuan penalaran matematika, namun tidak efektif ditinjau self esteem peserta didik SMA; (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari literasi matematika, penalaran matematika, dan self esteem peserta didik SMA. Kata Kunci: literasi matematika, penalaran matematika, self esteem, pembelajaran kontekstual, pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 07:19 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 07:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |