Keefektifan Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Literasi Matematika, Penalaran Matematika, dan Self esteem Peserta Didik SMA

Ratnasari, Gamarina Isti and Abadi, Agus Maman (2019) Keefektifan Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Literasi Matematika, Penalaran Matematika, dan Self esteem Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan pembelajaran kontekstual ditinjau dari literasi matematika, penalaran matematika, dan self esteem peserta didik SMA; 2) keefektifan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari literasi matematika, penalaran matematika, dan self esteem peserta didik SMA; dan 3) perbedaan keefektifan antara pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari literasi matematika, penalaran matematika, dan self esteem peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest nonequivalent group design yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 dan X IPA 3 berasal dari subjek penelitian peserta didik kelas X SMA N 1 Bantul. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretes dan postes kemampuan literasi matematika, pretes dan postes kemampuan penalaran matematika, dan angket self esteem. Kriteria keefektifan dalam penelitian ini didasarkan pada: 1) rata-rata hasil postes kemampuan literasi matematika, postes kemampuan penalaran matematika, dan angket akhir self esteem lebih dari 75 dan 2) rata-rata hasil postes lebih tinggi dibandingkan pretes untuk kemampuan literasi matematika dan kemampuan penalaran serta rata-rata hasil skor angket akhir self esteem lebih tinggi dibandingkan skor angket awal. Berdasakan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kemampuan penalaran matematika, namun tidak efektif ditinjau dari self esteem peserta didik SMA; (2) pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kemampuan penalaran matematika, namun tidak efektif ditinjau self esteem peserta didik SMA; (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari literasi matematika, penalaran matematika, dan self esteem peserta didik SMA. Kata Kunci: literasi matematika, penalaran matematika, self esteem, pembelajaran kontekstual, pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:19
Last Modified: 15 Oct 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66159

Actions (login required)

View Item View Item