Evaluasi Program Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pusaka Indonesia dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Tumbit Dayak Kabupaten Berau

Salman, Muhamad Ali and Tohani, Entoh (2019) Evaluasi Program Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pusaka Indonesia dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Tumbit Dayak Kabupaten Berau. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi program paket C dalam pemberdayaan masyarakat di Kampung Tumbit Dayak Kabupaten Berau dengan melihat aspek Konteks, Input, Proses dan Produk program. Jenis Penelitian ini adalah penelitian evaluasi, menggunakan pendekatan kualitatif dengan model C.I.P.P dari stufflebeam (1983). Data penelitian diperoleh dari wawancara dengan peserta didik, tutor, dan pengurus PKBM. Observasi dilakukan di Kampung Tumbit Dayak dan kantor PKBM Pusaka Indonesia. Analisis dokumen dengan melihat berkas-berkas program paket C (silabus, RPP, Kurikulum, SKL, MOU, Foto program paket. Tehnik analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Keabsaham data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian secara umum menunjukkan bahwa program terlaksana dengan baik, hal ini dilihat dari beberapa aspek, (1). Pada aspek konteks dikatakan baik, karena sesuai kebutuhan masyarakat (adanya permintaan masyarakat secara langsung melalui Kepala Kampung untuk dapat bekerja di Perusahaan), (2). Aspek input dikatakan baik, karena silabus dan RPP dirancang berdasarkan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah, kurikulum menggunakan KTSP (situasional), peserta didik berasal dari masyarakat Kampung Tumbit Dayak baik laki-laki maupun perempuan, tutor berasal dari PKBM Pusaka Indonesia serta tutor pada sekolah formal dengan gelar kesarjanaan dan pengalaman mengajar, adanya relasi (Perusahaan) yang memberikan bantuan sarana dan prasarana serta anggaran kepada PKBM. (3) Pada aspek proses dikatakan baik, karena pelaksanaan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, memenuhi persyaratan pelaksanaan paket C yang diatur oleh pemerintah, terjadi hubungan yang baik antara tutor dan peserta didik (tutor mampu menciptakan keakraban dengan peserta didik, peserta didik aktif pada saat proses pembelajaran). Hanya saja karakteristik peserta didik yang memiliki usia bervariatif sehingga kemampuan belajarnya juga bervariatif, terkadang tutor sulit menyesuaikan pembelajaran, (4). Pada aspek produk dikatakan baik, karena peserta didik menjadi semakin percaya diri, disiplin, dan memiliki pengetahuan sesuai mata pelajaran yang diajarkan dan diminati. Peserta didik memperoleh ijazah, lalu bekerja di perusahaan batu bara (PT.PAMA). Peserta didik mampu memenuhi kebutuhan pokok untuk diri sendiri dan juga memenuhi kebutuhan keluarga. Kata kunci: Evaluasi, PKBM, program paket C, pemberdayaan masyarakat

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2019 00:52
Last Modified: 15 Oct 2019 00:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66138

Actions (login required)

View Item View Item