Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Pada Materi Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMA Kelas XI

Putri, Arjunita Eka and Mukminan, Mukminan (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Pada Materi Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMA Kelas XI. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran geografi dalam bentuk Compact Disc (CD) pada materi Lingkungan Hidup yang layak untuk kelas XI SMA, (2) Mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran geografi yang dikembangkan dalam bentuk Compact Disc (CD) pada materi Lingkungan Hidup untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang menggunakan mixed method antara penelitian Research and Development (R&D) dan eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian Research and Development (R&D) digunakan untuk mengembangkan media sedangkan quasi eksperimental digunakan untuk menguji efektifitas produk MPG yang menggunakan nonequivalent control group desgn. Subjek penelitian ini adalah 46 orang yaitu terdiri 23 peserta didik kelas XI di SMA N 1 Girimulyo sebagai kelas eksperimen dan 23 peserta didik kelas XI di SMA N 1 Sentolo sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analis data menggunakan analisis deskriptif. Uji signifikasi menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikasi 0,05. Efektivitas multimedia pembelajaran geografi pada materi lingkungan hidup menggunakan gain score yang diperoleh dari hasil angket sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran untuk menghitung peningkatan motivasi belajar pserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kelayakan produk multimedia pembelajaran geografi oleh ahli materi memperoleh hasil dengan kategori sangat baik yang berarti materi dalam media layak untuk digunakan. Validasi oleh ahli media memperoleh hasil dengan kategori baik yang berarti media layak untuk digunakan, (2) Efektivitas multimedia pembelajaran geografi memiliki kategori sedang dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen dengan hasil analisis gain score sebesar 0.60 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0.16 dengan kategori efektivitas rendah yang berarti media lebih efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penlitian, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran geografi yang dikemas dalam bentuk Compact Disc (CD) pada materi lingkungan hidup layak dan efektif terhadap meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci: multimedia pembelajaran, lingkungan hidup, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:43
Last Modified: 11 Oct 2019 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66113

Actions (login required)

View Item View Item