Banat, Siti Mahmudatul and Pierewan, Adi Cilik (2019) Literasi Membaca dan Strategi Metakognitif untuk memprediksi Prestasi Akademik. (Studi tentang SMA rintisan kurikulum 2013 di Kulon Progo). S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (837kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Literasi membaca untuk memprediksi prestasi akademik pengetahuan dan keterampilan, (2)strategi metakognitif untuk memprediksi prestasi akademik pengetahuan dan keterampilan, serta (3)literasi membaca dan strategi metakognitif secara bersama-sama memprediksi prestasi akademik pengetahuan dan keterampilan siswa SMA rintisan kurikulum 2013 di Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 543 siswa siswa kelas XI dari 3 SMA rintisan kurikulum 2013 di Kulon Progo. Sampel sejumlah 359 diambil dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael. Alat ukur yang digunakan adalah instrumen non tes dengan menggunakan angket PISA 2009. Validitas intrumen dengan menggunakan validitas isi dan expert judgment. Pengujian validitas dengan menggunakan Pearson Correalation. Teknik olah data menggunakan uji t, uji f, uji regressi linier berganda, dan uji delta koefisien determinasi ( R 2 ) Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) literasi membaca (X1) dapat memprediksi prestasi akademik pengetahuan (Y1) tetapi tidak terhadap prestasi akademik keterampilan (Y2). Hal ini bermakna bahwa semakin tinggi tingkat literasi membaca (X1) maka semakin tinggi prestasi akademik pengetahuan (Y1), namun prestasi akademik keterampilan tidak semakin tinggi (Y2). (2) strategi metakognitif (X2) dapat memprediksi prestasi akademik pengetahuan (Y1) dan keterampilan (Y2). Hal ini bermakna semakin tinggi strategi metakognitif (X2) siswa maka semakin tinggi prestasi akademik pengetahuan (Y1) dan keterampilan (Y2). (3) literasi membaca (X1) dan strategi metakognitif (X2) secara simultan dapat memprediksi prestasi akademik pengetahuan (Y1) dan keterampilan (Y2). Hal ini bermakna semakin tinggi literasi membaca dan strategi metakognitif maka semakin tinggi pula prestasi akademik pengetahuan dan keterampilan. Kata kunci : literasi membaca, strategi metakognif, prestasi akademik pengetahuan dan prestasi akademik keterampilan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 03:54 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 03:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |