Sedyoko, Arda and Nurgiyantoro, Burhan (2019) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Nonsastra bagi Siswa Kelas X SMA dengan Strategi Peta Menulis Cerita. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis teks nonsastra dengan strategi Peta Menulis Cerita bagi siswa kelas X SMA dan mengetahui kelayakan produk bahan ajar menulis teks nonsastra dengan strategi Peta Menulis Cerita ditinjau dari hasil validasi oleh ahli, guru, dan siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah pengembangan Borg & Gall (1983) yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan produk, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi ahli dan guru, (5) revisi produk awal, (6) uji respons siswa, (7) revisi produk kedua, dan (8) produk akhir. Analisis kebutuhan dilakukan di tiga sekolah di Kabupaten Klaten, yakni di SMA N 2 Klaten, SMA N 1 Karanganom, dan SMA N 1 Jatinom. Uji coba produk dilakukan oleh 30 siswa kelas X di SMA N 2 Klaten. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli dan guru serta lembar respons siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Data kuantitatif menggunakan rentang skala dengan skor 1-5. Bahan ajar menulis teks nonsastra ini dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi 2016, yang terdiri dari tiga materi menulis teks nonsastra, yakni teks laporan hasil observasi, teks eksposisi, dan teks biografi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar menulis teks nonsastra dengan strategi Peta Menulis Cerita mendapatkan kategori layak untuk digunakan. Berdasarkan penilaian ahli, bahan ajar yang dikembangkan ini memiliki kategori sangat baik, ditinjau dari kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikaan. Berdasarkan penilaian guru, bahan ajar yang dikembangkan memiliki kategori baik dari segi kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikaan, sedangkan dari aspek kelayakan penyajian bahan ajar ini berkategori sangat baik. Berdasarkan uji respons siswa, bahan ajar menulis teks nonsastra ini berkategori sangat baik. Kata Kunci: bahan ajar, menulis, teks nonsastra, strategi peta menulis cerita
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 02:42 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 02:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |