PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PENATAAN MEJA (TABLE SET UP) UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN TATA HIDANG KELAS XI SMK NEGERI 3 KLATEN

Istiqomah H, Nur (2019) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PENATAAN MEJA (TABLE SET UP) UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN TATA HIDANG KELAS XI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat pengetahuan peserta didik pada kelas eksperimen dalam mata pelajaran Tata Hidang sebelum penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up). (2) Tingkat pengetahuan peserta didik pada kelas eksperimen dalam mata pelajaran Tata Hidang sesudah penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up). (3) Tingkat pengetahuan peserta didik pada kelas kontrol dalam mata pelajaran Tata Hidang sebelum penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up). (4) Tingkat pengetahuan peserta didik pada kelas kontrol dalam mata pelajaran Tata Hidang sesudah penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up). (5) Pengaruh penggunaan video penataan meja terhadap pencapaian kompetensi mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten. Metode penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “pre-test post-test control group design”. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 9-16 Mei 2019. Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling, diperoleh kelas XI SMK Negeri 3 Klaten yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa lainnya sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan uji t, yaitu independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan peserta didik dalam mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten sebelum penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up) pada kelas eksperimen pada kategori sedang. (2) Pengetahuan peserta didik dalam mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten sesudah penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up) pada kelas eksperimen pada kategori tinggi. (3) Pengetahuan peserta didik dalam mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten sebelum penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up) pada kelas kontrol pada kategori sedang. (4) Pengetahuan peserta didik dalam mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten sesudah penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up) pada kelas kontrol pada kategori sedang. (5) Terdapat pengaruh penggunaan video penataan meja terhadap pencapaian kompetensi mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten, dengan nilai t hitung 13,268 > t tabel 2,042, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan kenaikan persentase sebesar 46,09%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: learning media, video, knowledge
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:14
Last Modified: 09 Sep 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65747

Actions (login required)

View Item View Item