Istiqomah H, Nur (2019) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PENATAAN MEJA (TABLE SET UP) UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN TATA HIDANG KELAS XI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat pengetahuan peserta didik pada kelas eksperimen dalam mata pelajaran Tata Hidang sebelum penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up). (2) Tingkat pengetahuan peserta didik pada kelas eksperimen dalam mata pelajaran Tata Hidang sesudah penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up). (3) Tingkat pengetahuan peserta didik pada kelas kontrol dalam mata pelajaran Tata Hidang sebelum penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up). (4) Tingkat pengetahuan peserta didik pada kelas kontrol dalam mata pelajaran Tata Hidang sesudah penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up). (5) Pengaruh penggunaan video penataan meja terhadap pencapaian kompetensi mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten. Metode penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “pre-test post-test control group design”. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 9-16 Mei 2019. Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling, diperoleh kelas XI SMK Negeri 3 Klaten yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa lainnya sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan uji t, yaitu independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan peserta didik dalam mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten sebelum penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up) pada kelas eksperimen pada kategori sedang. (2) Pengetahuan peserta didik dalam mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten sesudah penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up) pada kelas eksperimen pada kategori tinggi. (3) Pengetahuan peserta didik dalam mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten sebelum penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up) pada kelas kontrol pada kategori sedang. (4) Pengetahuan peserta didik dalam mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten sesudah penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up) pada kelas kontrol pada kategori sedang. (5) Terdapat pengaruh penggunaan video penataan meja terhadap pencapaian kompetensi mata pelajaran Tata Hidang kelas XI SMK Negeri 3 Klaten, dengan nilai t hitung 13,268 > t tabel 2,042, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan kenaikan persentase sebesar 46,09%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning media, video, knowledge |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 07:14 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 07:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65747 |
Actions (login required)
View Item |