Pengembangan Media Reflective Picture Storybook Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Minat Membaca dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV SD.

Rahmawati, Citra and Suhardi, Suhardi (2019) Pengembangan Media Reflective Picture Storybook Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Minat Membaca dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural yang memenuhi kriteria kelayakan, dan (2) mengetahui keefektifan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural yang dihasilkan tersebut untuk meningkatkan minat membaca dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan research and development yang mengacu pada pendapat Borg & Gall (2003). Subjek uji coba merupakan siswa kelas IV SD. Subjek uji coba lapangan awalmelibatkan sebanyak siswa, subjek uji coba lapangan diperluas melibatkan 15 siswa, dan subjek uji coba lapangan operasional melibatkan 80 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen terdiri dari 40 siswa dan kelompok kontrol yang terdiri dari 40 siswa. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan studi dokumenter. Kelayakan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural dianalisis menggunakan konversi skor yang terdiri dari lima kategori. Keefektifan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural dalam meningkatkan minat membaca dan keterampilan sosial dianalisis melalui uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media reflective picture storybook berbasis sosiokultural yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kelayakan menurut ahli materi, ahli media, respons guru dan respons siswa; (2) media reflective picture storybook berbasis sosiokultural terbukti efektif untuk meningkatkan minat membaca dan keterampilan sosial siswa siswa kelas IV SD. Hasil uji t dan uji MANOVA menunjukkan bahwa media reflective picture storybook berbasis sosiokultural efektif untuk meningkatkan minat membaca dan keterampilan sosial siswa kelasIV SD secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05). Kata Kunci: reflective picture storybook, sosiokultural, minat membaca, keterampilan sosial

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:09
Last Modified: 07 Oct 2019 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65662

Actions (login required)

View Item View Item