PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 KLATEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MODUL DAN JOBSHEET INSTALASI MOTOR LISTRIK

Nurdiansyah, Hanung (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 KLATEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MODUL DAN JOBSHEET INSTALASI MOTOR LISTRIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TTL B pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TTL B semester genap tahun akademik 2018/2019 sebanyak 34 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah sedikitnya hasil belajar siswa 75% sudah mencapai ketuntasan (KKM=70). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diukur menggunakan pretest dan posttest pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan pada pretest siklus I menunjukkan 14,71%, kemudian pada posttest siklus I menjadi 55,88% terjadi peningkatan sebesar 41,17%. Pada pretest siklus II menunjukkan 44,12%, kemudian pada posttest siklus II menjadi 82,35% terjadi peningkatan sebesar 38,23%. Peningkatan persentase ketuntasan posttest I dan posttest II mengalami kenaikan sebesar 26,47%. Tahap PBL yang dilakukan secara ringkas, antara lain 1) mengorientasi siswa pada masalah (guru membagi siswa dalam kelompok dan memberikan lembar permasalahan); 2) mengorganisasikan kegiatan pembelajaran (mengkondisikan situasi belajar agar siswa aktif bertanya selama pembelajaran); 3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok (siswa mendiskusikan materi pembelajaran); 4) menyajikan hasil (menyampaikan hasil diskusi dan hasil praktek); 5) mengevaluasi proses pemecahan masalah (menganalisis hasil diskusi siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, hasil belajar, Instalasi Motor Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Jul 2019 01:40
Last Modified: 31 Jul 2019 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64893

Actions (login required)

View Item View Item