PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN

Setiono, Dedy (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif, dan (4) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Sedangkan, model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Luther. Ada 6 tahap selama pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, yaitu: (1) concept, (2) design, (3) material collecting, (4) assembly, (5) testing, dan (6) distribution. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif pada pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli materi sebesar 88.8% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 78.8% dengan kategori layak, dan penilaian kelayakan media pembelajaran oleh siswa sebesar 84.5% dengan kategori sangat layak, (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 44.5 menjadi 78.0 setelah menggunakan media pembelajaran, dan (4) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 72.5% menjadi 83.0% setelah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut maka multimedia pembelajaran interaktif pada pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, motivasi belajar, hasil belajar, dan kelayakan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Jul 2019 00:58
Last Modified: 29 Jul 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64803

Actions (login required)

View Item View Item