PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI FOTOGRAFI UNTUK MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK N 1 GODEAN

Fauziah, Khasna Nur (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI FOTOGRAFI UNTUK MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK N 1 GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif fotografi mata pelajaran desain grafis percetakan untuk siswa kelas XI multimedia, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif fotografi mata pelajaran desain grafis percetakan untuk siswa kelas XI multimedia, (3) mengetahui tanggapan siswa mengenai multimedia pembelajaran interaktif fotografi mata pelajaran desain grafis percetakan. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini menggunakan langkah-langkah Research and Development (R&D), dan model pengembangan APPED dengan langkah (1) analisis dan penelitian awal, (2) perancangan, (3) produksi, (4) evaluasi dan (5) diseminasi. Responden penelitian pengembangan multimedia pembelejaran interaktif pada materi fotografi yaitu kelas XI jurusan multimedia di SMK N 1 Godean. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif pada materi fotografi ini dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Adobe Animate. (2) Hasil penilaian kelayakan multimedia pembelajaran didapat persen kelayakan pada alpha testing yaitu penilaian dari ahli materi mendapat 96,25% dikategorikan sangat layak, penilaian dari ahli media yaitu 92,86% dikategorikan sangat layak, beta testing dengan penilaian dari pengguna rata-rata persen kelayakan yaitu 86,03%, masuk dalam kategori sangat layak. (3) Tanggapan siswa mengenai produk multimedia pembelajaran ini sangat beragam, yiatu saran untuk memperbaiki multimedia pembelajaran interaktif ini dan tanggapan baik mengenai dibutuhkannya multimedia pembelajaran ini. Dengan berdasar pada sebagian besar tanggapan siswa dan hasil penilaian dari angket maka multimedia pembelajaran ini sudah layak digunakan dan dibutuhkan siswa dalam pembelajaran di SMK N 1 Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Fotografi, APPED
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2019 02:31
Last Modified: 26 Jul 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64777

Actions (login required)

View Item View Item