Hanafi, Saiful (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM STARTER BERBASIS ADOBE FLASH DI SMK MA’ARIF 1 KRETEK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
01. COVER TAS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
03. BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
04. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
05. BAB III.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB V.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
09. LAMPIRAN.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Tentang pengembangan media pembelajaran interaktif sistem starter berbasis Adobe Flash di SMK Ma’arif 1 Kretek bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif sistem starter berbasis Adobe Flash Di Smk Ma’arif 1 Kretek, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif Sistem starter berbasis Adobe Flash Di Smk Ma’arif 1 Kretek yang telah dikembangkan, dan (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif sistem starter berbasis Adobe flash di SMK Ma’arif 1 Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Secara garis besar tahap-tahap yang dilalui dalam pengembangan media pembelajaran interaktif sistem starter antara lain: (1) analysis (analisis), (2) design (desain), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi) dan (5) evaluating (evaluasi). Subjek penelitian adalah 23 peserta didik SMK Ma’arif 1 Kretek kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan antara lain: (1) media pembelajaran interaktif sistem starter berbasis Adobe Flash di SMK Ma’arif 1 Kretek berbentuk program aplikasi dapat disimpan di CD maupun flashdisk, (2) hasil penilaian ahli materi adalah 71,5 dengan kriteria data kuantitatif sangat layak dan ahli media adalah 78,5 dengan kriteria kuantitatif sangat layak, (3) penilaian respon peserta didik uji coba 1 diperoleh 83,02 % dengan kriteria sangat positif. Penilaian respon peserta didik uji coba 2 diperoleh 85,80 % dengan kriteria sangat positif, (4) hasil efektivitas berdasar pada perhitungan uji t didapatkan hasil: t hitung (-6,00) > t tabel (2,07) yang berarti penggunaan media pembelajaran sebagai media belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran sistem starter berbasis Adobe Flash di SMK Ma’arif 1 Kretek layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat membantu peserta didik belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif Sistem Starter |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 01:34 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 01:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64357 |
Actions (login required)
View Item |