PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR INFRAMERAH SHARP GP2Y0A21YK, BEBAN LOAD CELL, DAN HUMIDITY YL-69 UNTUK MATA KULIAH PRAKTIK SENSOR DAN TRANDUSER

Pramono, Yuli (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR INFRAMERAH SHARP GP2Y0A21YK, BEBAN LOAD CELL, DAN HUMIDITY YL-69 UNTUK MATA KULIAH PRAKTIK SENSOR DAN TRANDUSER. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Judul_daftar lampiran.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sensor sensor inframerah sharp GP2Y0A21YK, beban load cell, dan humidity yl-69, mengetahui unjuk kerja media pembelajaran sensor inframerah sharp GP2Y0A21YK, beban load cell, dan humidity yl-69 dan tingkat kelayakan media pembelajaran sensor sensor inframerah sharp GP2Y0A21YK, beban load cell, dan humidity yl-69 pada mata kuliah praktik sensor dan tranduser. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) oleh Robert Maribe Branch. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk penilaian kelayakan media dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Hasil yang didapat dari penelitian ini meliputi: (1) Media Pembelajaran sensor inframerah sharp GP2Y0A21YK, beban load cell, dan humidity yl-69 terdiri dari tiga komponen utama yaitu input, kontroler dan output. Pada bagian input terdiri dari sensor inframerah sharp GP2Y0A21YK, beban load cell, dan humidity yl-69. Bagian kontroler mengunakan Arduino UNO dan sebagai output terdiri dari LCD 16x2, voltmeter, dan LED indikator. (2) Unjuk kerja dari media pembelajaran sensor inframerah sharp GP2Y0A21YK, beban load cell, dan humidity yl-69 menunjukkan kinerja yang baik. Pengujian sensor load cell menggunakan mikrokontroller menghasilkan rata-rata eror 3.175% dan pengujian analog sensor load cell menghasilkan rata-rata eror. Pengujian sensor inframerah dengan mikrokontroller menghasilkan rata-rata eror 0% dan pengujian secara analog menghasilkan rata-rata eror 6,18%. Pengujian sensor humidity dengan mikrokontroller menghasilkan rata-rata eror 8,65% dan pengujian secara analog menghasilkan rata-rata eror 14%. (3) Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan pengguna. Hasil rata-rata yang didapat dari segi media mendapatkan nilai presentase 78,98% dengan kategori “layak”, hasil rata-rata dari segi materi mendapatkan nilai presentase 83,52% dengan kategori “layak”, dan dari pengguna berjumlah 30 mahasiswa memperoleh rata-rata nilai presentase 83,26% dengan kategori “layak”. Penilaian tersebut menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, sensor Load cell, sensor inframerah sharp GP2Y0A21YK, sensor Humidity YL-69
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 May 2019 06:44
Last Modified: 28 May 2019 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64199

Actions (login required)

View Item View Item