PENGEMBANGAN APLIKASI PENDETEKSI OBJEK BERSEGI MENGGUNAKAN METODE CONTOUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGINDERAAN VISUAL ROBOT

Syarifuddin, Ihsan (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI PENDETEKSI OBJEK BERSEGI MENGGUNAKAN METODE CONTOUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGINDERAAN VISUAL ROBOT. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Judul_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB3.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB4.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) unjuk kerja media pembelajaran aplikasi pendeteksi objek bersegi menggunakan metode Contour sebagai media pembelajaran penginderaan visual robot, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran aplikasi pendeteksi objek bersegi untuk mahasiswa ditinjau oleh para ahli media, materi, dan hasil pada uji pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) yang dikemukakan Robert Maribe Branch. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang berupa angket dengan skala Likert 4 pilihan, instrumen penggaris, dan instrumen busur derajat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasar hasil dari penelitian ini diperoleh: (1) unjuk kerja aplikasi pendeteksi objek bersegi menggunakan metode Contour sebagai media pembelajaran penginderaan visual robot yaitu aplikasi dapat mendeteksi objek bersegi dari jarak 50 cm sampai dengan 200 cm dengan rerata keakuratan 93,3%. Untuk perhitungan luas objek, jarak yang digunakan dibatasi pada jarak minimal 15 cm dan jarak maksimal 30 cm. Aplikasi pendeteksi objek bersegi dalam menghitung luas memiliki rerata error 2,1% pada jarak 15 cm, rerata error 1,75% pada jarak 20 cm, rerata error 0,97% pada jarak 25 cm, dan rerata error 0,97% pada jarak 30, (2) tingkat kelayakan aplikasi pendeteksi objek bersegi termasuk dalam kategori layak ditinjau oleh para ahli media dengan skor rerata 67 dari skor minimal 20 dan skor maksimal 80 dengan persentase 83,75%, sedangkan ditinjau oleh para ahli materi masuk kategori sangat layak dengan mendapat skor rerata 91 dari skor minimal 24 dan skor maksimal 96 dengan persentase 94,79%. Ditinjau dari hasil uji pengguna diperoleh skor rerata 71,29 dari skor minimal 20 dan skor maksimal 80 dengan persentase 89,12%, sehingga masuk kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, aplikasi, pendeteksi objek bersegi, contour, visual robot.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 May 2019 06:39
Last Modified: 28 May 2019 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64198

Actions (login required)

View Item View Item