PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI PADA MATA DIKLAT DASAR LISTRIK EEKTRONIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Rohmah, Khodijah Safinatur (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI PADA MATA DIKLAT DASAR LISTRIK EEKTRONIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
0 sampul - daftar lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasika model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat Dasar Listrik Elektronika, jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 2 Wonosari Yogyakarta. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X EI SMKN 2 Wonosari yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi aktifitas siswa, wawancara dengan guru mata diklat DLE dan dengan test hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan rata – rata setiap aspek memenuhi kriteria yang telah ditentukan yaitu Presentase akhir aspek keaktifan mencatat 90.63%, memperhatikan 78.13%, kerjasama 71.88%, menganalisis 68.75%, mengemukakan pendapat 71.88%, pemecahan masalah 75%. Pada Hasil Belajar siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata – rata ulangan harian sebesar 43.75%, nilai Test I sebesar 56.25%, dan nilai Test II sebesar 75%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pemebelajara kooperatif tipe STAD berpengeruh dalam meningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe STAD berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada kelas X EI, mata diklat dasar listrik elektronika di SMK Negeri 2 Wonosari Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, hasil belajar, STAD
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 May 2019 02:34
Last Modified: 28 May 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64183

Actions (login required)

View Item View Item