PENGARUH MODEL DRAINASE KOLOM PASIR VERTIKAL DAN DRAINASE LAYER PASIR HORIZONTAL TERHADAP PENURUNAN TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN UJI LABORATORIUM

Suwandi, Satriarda Dirgantara (2019) PENGARUH MODEL DRAINASE KOLOM PASIR VERTIKAL DAN DRAINASE LAYER PASIR HORIZONTAL TERHADAP PENURUNAN TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN UJI LABORATORIUM. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01.halaman judul-daftar gambar.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09.abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02.BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.BAB IV.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06.BAB V.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07.daftar putaka.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tanah dalam pembangunan konstruksi memiliki peranan penting, yaitu sebagai penahan beban yang sebelumnya ditopang oleh fondasi. Jenis tanah yang perlu perhatian khusus adalah tanah lempung, yang memiliki sifat permeabilitas rendah, kenaikan air kapiler tinggi, bersifat sangat kohesif, sifat kembang susut yang tinggi, proses konsolidasi lambat dan penurunannya besar. Dengan sifat yang dimiliki oleh tanah lempung tersebut, tanah di Dusun Kalangan, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami settlement dan merusak struktur konstruksi yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan drainase kolom pasir vertikal, dan penggunaan layer pasir horizontal terhadap penurunan tanah lempung. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan pengujian perbaikan tanah lempung menggunakan boks besi dengan ukuran 100 cm x 100 cm x 40 cm sebagai tempat tanah dan diberi drainase pasir. Ukuran lapisan tanah lempung masing-masing variasi yaitu lebar 50 cm, panjang 50 cm, tinggi 30 cm, dan pajang drainase 20 cm dari atas permukaan tanah. Pengamatan dilakukan dengan cara memberi beban di atas tanah lempung dalam keadaan jenuh air menggunakan bandul beban konsolidasi dan penurunan dicatat sama seperti pencatatan waktu penurunan konsolidasi laboratorium. Data yang didapatkan berupa penurunan tanah dari hasil pengukuran dan penurunan kadar air setelah tanah diberi beban. Data diolah dengan analisis akar waktu untuk menghitung waktu derajat konsolidasi 90%. Dari hasil pengujian, tanah yang diuji termasuk jenis CH menurut klasifikasi USCS dan kelompok 4-7-6(40) menurut klasifikasi AASHTO, G 2.63, LL 74.71%, PL 29.76%, IP 44.95, SL 19.06%, C 0.75 Kg/cm2. Pengaruh penggunaan drainase kolom pasir vertikal mengurangi waktu untuk mencapai derajat konsolidasi 90% tanah sebesar 48% dan mempercepat dalam mengurangi kadar air sebesar 1.4%, sedangkan untuk drainase layer pasir horizontal mengurangi waktu sebesar 82% dan mempercepat dalam mengurangi kadar air sebesar 3.8% dibandingkan dengan tanah tanpa diberi perlakuan drainase.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: drainase, penurunan, tanah lempung
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2019 06:44
Last Modified: 24 May 2019 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64033

Actions (login required)

View Item View Item