PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO ANIMASI BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG DI SMK N 1 SEYEGAN

Windarta, Muchtar Agus Tri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO ANIMASI BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG DI SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul sd Daftar Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and development metode penelitian model 4D Thiagarajan Penelitian ini pada dasarnya dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu proses pendefinisan (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop dan tidak sampai tahap disseminate. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media pembelajaran melalui validasi ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berupa aplikasi media pembelajaran yang didalamnya terdapat video animasi. Aplikasi tersebut terdiri dari enam menu pilihan komponen di halaman utama, yaitu tujuan, materi, video, evaluasi, referensi dan profil. Setelah dilakukan proses validasi dari ahli materi pertama (dosen UNY), ahli materi kedua (guru), ahli media, dan siswa didapatkan hasil kelayakan media dari ahli materi pertama (dosen UNY) diperoleh nilai setelah dikonversikan sebesar 3,4 dengan kategori “sangat layak” dan ahli materi kedua (guru) diperoleh nilai setelah dikonversikan sebesar 3,73 dengan kategori “sangat layak”. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli media diperoleh nilai setelah dikonversikan sebesar 3,73 dengan kategori “sangat layak”. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan siswa kelas XI TDPIB 1 sebanyak 28 orang diperoleh sebanyak 27 responden dengan persentase sebesar 96,42% masuk kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS 6, Konstruksi dan Utilitas Gedung.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 May 2019 02:37
Last Modified: 21 May 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63885

Actions (login required)

View Item View Item