PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK YAPPI WONOSARI

Saputra, Yon Setia Hadi (2019) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK YAPPI WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover etc.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk lebih mengetahui: (1) penyelenggaraan pembelajaran; (2) penyelenggaraan penilaian hasil belajar; (3) motivasi belajar siswa; dan (4) pengaruh penyelenggaraan pembelajaran dan penilaian terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran Teknik Digital Paket Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK YAPPI Wonosari. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah ex post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa mata pelajaran kejuruan kelas XI Paket Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK YAPPI Wonosari sebanyak 46 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian diketahui sebagai berikut: (1) Penyelenggaraan pembelajaran termasuk dalam kategori baik, ditunjukkan dengan nilai rata-rata 72,73 dan nilai tertinggi sebesar 87; (2) Penyelenggaraan penilaian termasuk dalam kategori baik, ditunjukkan dengan nilai rata-rata 75,4 dan nilai tertinggi sebesar 90; (3) Motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori baik, ditunjukkan dengan nilai rata-rata 102 dan nilai tertinggi 134; (4) Pembelajaran mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Persamaan regresi hasil analisis adalah Y = 55,017 + 0,679X1; (5) Penilaian Hasil Belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Persamaaan regresi hasil analisis adalah Y = 64,411 + 0,565X2; serta (6) Pembelajaran dan penilaian berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Persamaan regresi hasil analisis regresi linier berganda adalah Y = 46,814 + 0,364X1 + 0,421 X2. Hal ini menunjukkan semakin baik pembelajaran dan didukung dengan penilaian hasil belajar siswa yang baik, maka Motivasi Belajar Siswa juga akan semakin baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 4,267 dan p value sebesar 0,02.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, pembelajaran, penilaian, motivasi belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 May 2019 00:40
Last Modified: 21 May 2019 00:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63883

Actions (login required)

View Item View Item