Suhudda, Candra (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X TAV DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER s.d. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (810kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (889kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X TAV SMK Piri 1 Yogyakarta setelah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya, dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X TAV SMK Piri 1 Yogyakarta setelah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Audio Video tahun ajaran 2017/2018 di SMK Piri 1 Yogyakarta yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TAV pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Piri 1 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada setiap pertemuan disetiap siklusnya, pada siklus I pertemuan pertama rata-rata persentase keaktifan belajar siswa sebesar 42%. Persentase tersebut meningkat pada pertemuan kedua siklus I menjadi 53%. Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I yaitu 47. Pada pertemuan pertama siklus II, persentase keaktifan belajar siswa sebesar 65%. Pada pertemuan kedua siklus II persentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 78%. Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 71%. Selain itu metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa. Pada nilai awal pra siklus rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 58,66, pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 67,73, dan pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 77,5.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor sebaya, keaktifan belajar, hasil belajar, teknik elektronika dasar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 06:15 |
Last Modified: | 25 Apr 2019 06:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63691 |
Actions (login required)
View Item |