METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM UTILITAS BANGUNAN GEDUNG KELAS XI KONSTRUKSI GEDUNG SANITASI DAN PERAWATAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK

Azizi, Zaitun Nur (2019) METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM UTILITAS BANGUNAN GEDUNG KELAS XI KONSTRUKSI GEDUNG SANITASI DAN PERAWATAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. HALAMAN JUDUL - LAMPIRAN.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (879kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Meningkatnya keaktifan siswa pada mata pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung kelas XI Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di SMK Negeri 2 Depok, dan (2) Meningkatnya nilai siswa pada mata pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung kelas XI Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di SMK Negeri 2 Depok. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc. Taggart. Alur penelitian terdiri dari: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI KGSP SMK Negeri 2 Depok yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan dokumentasi, lembar observasi keaktifan siswa, dan hasil tes belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil persentase peningkatan keaktifan belajar siswa yang memiliki kategori baik sebesar 40,62% pada siklus I ke siklus II, dan (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata peningkatan presentase hasil belajar siswa yang mempunyai nilai diatas KKM sebesar 39,06%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STAD, keaktifan, dan hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Apr 2019 01:57
Last Modified: 24 Apr 2019 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63628

Actions (login required)

View Item View Item