EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN TRAINER KOMPONEN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI ANALISIS SIFAT KOMPONEN AKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TOI DI SMK KRISTEN 1 KLATEN

Chrissandy, Yosua Caesar Dheo (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN TRAINER KOMPONEN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI ANALISIS SIFAT KOMPONEN AKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TOI DI SMK KRISTEN 1 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektivitas pembelajaran berbantuan media trainer komponen aktif dalam meningkatkan kompetensi belajar; (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan kompetensi belajar siswa kelas X TOI SMK Kristen 1 Klaten melalui pembelajaran berbantuan trainer komponen aktif. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design dikombinasikan dengan rancangan one-shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TOI semester gasal tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes prestasi belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan kompetensi ranah kognitif dengan rata-rata nilai pretest 30 meningkat menjadi 77,5 saat posttest II. Dibuktikan pula melalui perhitungan taraf signifikansi data hasil uji Wilcoxon perbandingan Whitung dengan Wtabel adalah 0,00 < 21 dan P value (0,001<0,05); (2) Terjadi peningkatan kompetensi ranah afektif dengan rata-rata nilai sebelum dilakukan treatment adalah sebesar 75,64, setelah dilakukan treatment mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 82,02. Dibuktikan pula melalui perhitungan taraf signifikansi data hasil uji Wilcoxon perbandingan Whitung dengan Wtabel adalah 6,50 < 21 dan P value (0,011<0,05); (3) Terjadi peningkatan ranah psikomotorik dengan rata-rata nilai sebelum dilakukan treatment adalah sebesar 62,86, setelah dilakukan treatment mengalami peningkatan nilai dengan nilai rata-rata sebesar 79,52. Dibuktikan pula melalui perhitungan taraf signifikansi data hasil uji Wilcoxon perbandingan Whitung dengan Wtabel adalah 0,00 < 21 dan P value (0,001<0,05); (4) Hasil perhitungan nilai gain terhadap peningkatan kompetensi belajar didapatkan hasil pada ranah kognitif sebesar 0,52, pada ranah afektif sebesar 0,26, dan pada ranah psikomotorik sebesar 0,45.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Trainer, Kompetensi Belajar, Komponen Aktif
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:26
Last Modified: 23 Apr 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63590

Actions (login required)

View Item View Item