IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI OD SMK YAPPI WONOSARI

Pambudi, Giri Wahyu (2019) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI OD SMK YAPPI WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI OD SMK YAPPI Wonosari pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan melalui implementasi model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain Kemmis dan Taggert yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMK YAPPI Wonosari dengan subjek penelitian siswa kelas XI OD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Validasi instrumen menggunakan pendapat ahli (expert judgment) dan uji validasi Pearson Product Moment untuk instrumen angket dan korelasi biserial untuk instrumen tes. Reliabilitas intrumen menggunakan Alpha Cronbach dengan harga r = 0.905 untuk angket dan uji reliabilitas Kuder Richardson 20 (KR-20) dengan harga r = 0.731 untuk instrumen pretest siklus 1, harga r = 0.733 untuk instrumen posttest siklus 1, harga r = 0.801 untuk instrumen pretest siklus 2 dan harga r = 0.679 untuk intrumen posttest siklus 2. Analisis data yang digunakan adalah analisis data diskriptif kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil sehingga siklus dapat dihentikan apabila terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar dari siklus satu ke siklus berikutnya, hasil belajar dari 75% jumlah siswa mampu memenuhi KKM (kriteria ketuntasan minimal) sebesar 75 dan 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai motivasi diatas 75. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI OD SMK YAPPI Wonosari pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan meningkat setelah digunakan model problem based learning. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar dan motivasi belajar. Hasil belajar pada siklus 1 meningkat dari 77 menjadi 82.96 dengan persentase ketuntasan 62.96% dan pada siklus 2 meningkat dari 82.96 menjadi 88.19 dengan persentase ketuntasan 88.88%. Motivasi belajar siswa pada siklus 1 meningkat dari 74.72 menjadi 77.04 dengan persentase siswa yang mendapat nilai motivasi diatas 75 sebesar 55.56% dan pada siklus 2 meningkat dari 77.04 menjadi 79.63 dengan persentase siswa yang mendapat nilai motivasi diatas 75 sebesar 77.77%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, PTK, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Apr 2019 06:54
Last Modified: 10 Apr 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63460

Actions (login required)

View Item View Item