HUBUNGAN MINAT DAN PENGETAHUAN DASAR LAS BUSUR MANUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT PRAKTIK LAS BUSUR MANUAL SISWA KELAS XI TEKNIK FABRIKASI LOGAM SMK NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Irsan, Aditya Zuniar (2019) HUBUNGAN MINAT DAN PENGETAHUAN DASAR LAS BUSUR MANUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT PRAKTIK LAS BUSUR MANUAL SISWA KELAS XI TEKNIK FABRIKASI LOGAM SMK NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan Minat dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Praktik Las Busur Manual Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Seyegan Sleman; (2) Hubungan Pengetahuan Dasar Las Busur Manual dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Teknik Praktik Las Busur Manual Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Seyegan Sleman; (3) Hubungan Minat dan Pengetahuan Dasar Las Busur Manual dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Praktik Las Busur Manual Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Seyegan Sleman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah Minat (X1) dan Pengetahuan Dasar Las Busur Manual (X2) sebagai variabel bebas serta Prestasi Belajar Mata Diklat Las Busur Manual (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Fabrikasi Logam SMK Negeri 1 Seyegan sebanyak 59 siswa dan sampel sejumlah 52 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil Penelitian adalah (1) Minat memiliki hubungan positif dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Praktik Las Busur Manual yang ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,341 dan koefisien determinasi = 0,116 yang artinya 11,6% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Diklat Parktik Las Busur Manual; (2) Pengetahuan Dasar Las Busur Manual memiliki hubungan positif dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Praktik Las Busur Manual yang ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,126 dan koefisien determinasi = 0,016 yang artinya 1,6% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Diklat Praktik Las Busur Manual; (3) Minat dan Pengetahuan Dasar Las Busur Manual secara bersamasama memiliki hubungan positif dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Praktik Las Busur Manual yang ditunjukkan dengan nilai Rhitung = 0,360 dan koefisien determinasi = 0,129 yang artinya 12,9% variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Diklat Praktik Las Busur Manual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat, Las Busur Manual, Prestasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Mar 2019 07:10
Last Modified: 29 Mar 2019 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63351

Actions (login required)

View Item View Item