PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI PENGOLAH GAMBAR VEKTOR KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Pusung, Claudya Oktaviani Sulistyawati (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI PENGOLAH GAMBAR VEKTOR KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR JUDUL_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Claudya Oktaviani_14520241007.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Sumber Belajar Berbasis Komputer Pada Materi Pengolah Gambar Vektor Kelas X Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 2 Wonosari, (2) mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Sumber Belajar Berbasis Komputer Pada Materi Pengolah Gambar Vektor Kelas X Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, dengan tahapan yaitu, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian melibatkan 2 dosen ahli dan 1 orang guru untuk penilaian kelayakan media pembelajaran interaktif. Instrument Penelitian menggunakan angket. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif melalui teknik presentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan Media Pembelajaran Interaktif Materi Coreldraw berbasis komputer untuk siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Wonosari, (2) uji kelayakan media pembelajaran interaktif oleh ahli materi mendapatkan hasil 86% dalam kategori Sangat Layak, untuk hasil dari ahli media 80% dalam kategori Layak, dan hasil penilaian responden sebesar 80% dengan kategori Layak. Dengan demikian disimpulkan bahwa media Materi Pengolah Gambar Vektor layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, gambar vektor, multimedia
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Mar 2019 06:37
Last Modified: 14 Mar 2019 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63123

Actions (login required)

View Item View Item