Pusung, Claudya Oktaviani Sulistyawati (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI PENGOLAH GAMBAR VEKTOR KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR JUDUL_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Claudya Oktaviani_14520241007.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Sumber Belajar Berbasis Komputer Pada Materi Pengolah Gambar Vektor Kelas X Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 2 Wonosari, (2) mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Sumber Belajar Berbasis Komputer Pada Materi Pengolah Gambar Vektor Kelas X Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, dengan tahapan yaitu, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian melibatkan 2 dosen ahli dan 1 orang guru untuk penilaian kelayakan media pembelajaran interaktif. Instrument Penelitian menggunakan angket. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif melalui teknik presentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan Media Pembelajaran Interaktif Materi Coreldraw berbasis komputer untuk siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Wonosari, (2) uji kelayakan media pembelajaran interaktif oleh ahli materi mendapatkan hasil 86% dalam kategori Sangat Layak, untuk hasil dari ahli media 80% dalam kategori Layak, dan hasil penilaian responden sebesar 80% dengan kategori Layak. Dengan demikian disimpulkan bahwa media Materi Pengolah Gambar Vektor layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran, gambar vektor, multimedia |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 06:37 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 06:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63123 |
Actions (login required)
View Item |