TELAAH BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013

Aminati, Yudita Rasma and Mahmudi, Ali (2017) TELAAH BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pra bab.pdf

Download (897kB) | Preview

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan salah satu sumber belajar yang mempunyai peran penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah keberadaan buku teks pelajaran matematika terbitan Kemendikbud yang terdapat banyak kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks pelajaran matematika SMP kelas VII semester II Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif campuran kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kualitas buku teks pelajaran matematika menggunakan instrumen penilaian buku teks pelajaran mencakup aspek materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran matematika SMP kelas VII semester II Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016 yang digunakan di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mengetahui kualitas buku teks pelajaran matematika yang digunakan di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penilaian dilakukan oleh tiga penilai, yaitu peneliti, guru matematika, dan siswa kelas VIID SMP Negeri 5 Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks pelajaran matematika yang ditelaah menunjukkan kriteria baik pada aspek materi dengan persentase skor 75%, kriteria baik pada aspek penyajian dengan persentase skor 75%, kriteria cukup pada aspek bahasa dengan persentase skor 50%, dan kriteria cukup pada aspek kegrafikaan dengan persentase skor 56,25%. Berdasarkan hasil telaah, dapat disimpulkan bahwa buku teks pelajaran matematika SMP kelas VII semester II kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016 yang digunakan di SMP Negeri 5 Yogyakarta belum memenuhi kriteria baik pada aspek bahasa, dan kegrafikaan menurut Standar Penilaian Badan Peneliti dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Kata kunci : Telaah, Buku Teks Pelajaran Matematika, Materi,Penyajian, Bahasa, Kegrafikaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:06
Last Modified: 30 Jan 2019 14:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50163

Actions (login required)

View Item View Item